Jumat, 04 November 2011

Sekilas Tentang Blackberry


Pada umumnya, BlackBerry sama dengan handphone lainnya, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms. Yg membedakannya hanyalah Operating System (OS) yg digunakannya, dimana pada handphone BlackBerry, OS'a berbasis Java yg multi-tasking operating system buatan RIM (vendor Blackberry) sehingga memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS'a tsb menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP
1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 5 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalendar, daftar tugas, catatan dan buku telepon, serta tambahan dukungan bagi Novell GroupWise and Lotus Notes.

BlackBerry ini pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan asal Kanada yaitu RIM pada tahun 1997 yg didirikan oleh Mike Lazaridis kelahiran Turki, 14 Maret 1961. Awalnya BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian juga hampir dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry. Karena terkesan terlalu jinak, akhirnya dinamakan lah BLACKBERRY, sebuah nama yang akrab tapi cerdas.

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. Kelebihan lainnya adalah kemampuan BlackBerry yang dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada resiko hang, asalkan masih ada memory tersisa.


BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan Blackberry dengan memasukkan nomor identitas. Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. untuk browsing internet data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.


Fasilitas lain yang menjadi andalan BlackBerry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan BlackBerry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk “mengobrol” (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Tetapi yang berbeda pada BlackBerry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.


Untuk Indonesia, BlackBerry pertamakali dipasarkan oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub pada pertengahan Desember 2004. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi BlackBerry melalui operator Indosat. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Layanan BlackBerry yg ditawarkan oleh operator pada umumnya adalah BlackBerry Internet Service (BIS) dan BlackBerry Enterprise Server (BES). BlackBerry jika tanpa berlangganan servis layanan BlackBerry tentu hanya merupakan handphone biasa yang bahkan bikin pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS symbian misalnya, namun jika BlackBerry telah diaktifkan dengan layanan BlackBerry operator, maka BlackBerry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.


Dulu pada awal-awal perkembangannya, layanan BlackBerry hanya bisa diakses melalui smartphone BlackBerry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, fasilitas BlackBerry sudah bisa diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61, dsb), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya menggunakan aplikasi BlackBerry Connect. BlacBerry Connect atau biasa disingkat BBC sebenarnya adalah inisiatif dari RIM untuk memperbesar pasar layanan BlackBerry, secara singkat untuk membantu pengguna handset non-BlackBerry untuk juga bisa mnggunakan layanan BlackBerry.